Selasa, 11 Maret 2014

Test Drive Mobil Ford Fiesta EcoBoost 1.0L di Indonesia

Meski baru Maret 2014 mendatang, New Ford Fiesta EcoBoost 1.0 liter dilempar ke pasar otomotif nasional, namun, PT Ford Motor Indonesia (FMI) telah memberikan kesempatan kepada beberapa media, termasuk Otosia, untuk menjadi yang pertama menjajal mesin terbaru Ford, EcoBoost 1.0 liter di kawasan BSD, Tangerang, (24/2) kemarin.

Ford Motor Indonesia memang sudah menyiapkan beberapa unit New Fiesta EcoBoost 2014 Indonesia 1.0 liter berbalur biru dan putih. Sekilas memang tidak ada perbedaan yang mencolok jika dibandingkan dengan New Fiesta 1.5 liter yang sudah diluncurkan pada akhir tahun 2013 lalu. Namun, pada city car ini Ford memang lebih fokus pada mesin kompak yang dibenamkan pada New Fiesta, yang diklaim lebih senyap, efisien dan ramah lingkungan.

Saat berada di balik kemudi New Fiesta EcoBoost, semua fitur dalam kabin terlihat sama dengan New Fiesta 1.5 liter yang juga pernah dijajal di Jogja, beberapa waktu lalu. Dan mulailah kami mencoba teknologi mobil terbaru dari Ford ini berbarengan dengan Ford Ecosport di Indonesia dengan menekan tombol start untuk menghidupkan mesin tiga silinder yang telah disempurnakan oleh insinyur-insinyur Ford.



Penyempurnaan yang dilakukan Ford terhadap mesin tiga silinder ternyata berhasil. Bahkan, kami menyebutnya sangat sempurna. Karena, kami sama sekali tak mendengar bunyi ataupun getaran yang biasanya terjadi pada mesin tiga silinder. Kami pun membenarkan klaim dari Ford yang menyebutkan bahwa mesin EcoBoost adalah mesin kecil yang halus, senyap, hemat bahan bakar dan ramah lingkungan.

Kami pun kembali dibuat kaget oleh performa mesin yang peraih penghargaan International Engine of The Year 2 tahun berturut-turut ini. Baru saja tuas perseneling otomatis dipindah ke D, dan pedal gas ditekan sedikit, tenaga hasil kolaborasi turbocharged, direct injection dan variable valve timing ini langsung menghentak. Tak ayal, kami pun langsung membesut dengan menekan secara perlahan pedal gas, namun tetap mendapatkan tarikan sempurna.

Ford Motor Indonesia juga telah menyiapkan trek lurus sepanjang 300 meter untuk mencoba akselerasi dan pengereman New Fiesta EcoBoost 1.0 liter. Dua unit New Fiesta EcoBoost warna biru dan putih telah disiapkan untuk menemani para jurnalis di trek uji akselerasi tersebut. Di Indonesia sendiri mobil dari ford dalam segmen hatchback ini akan bersaing dengan mobil seperti Honda Jazz 2014, Toyota Yaris 2014 dan Suzuki Swift 2014 serta tidak ketinggal juga Nissan March 2014 Indonesia.

Sayangnya, trek yang telah disediakan FMI di kawasan BSD ini masih kami anggap kurang panjang dan kurang jauh, yang membuat kami merasa kurang puas menikmati New Fiesta EcoBoost 1.0 liter yang akan mulai dirasakan konsumen bulan depan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar